Elank


Kamis, 06 Mei 2010

KASKUS -- Forum Terbesar Indonesia

Saat ini jika anda mendengar orang-orang berkata, “Pertamax, Gan” jangan bingung, karena itu adalah bahasa gaul yang sedang trend di Indonesia sekarang. Kata-kata tersebut berasal dari situs dan komunitas terbesar Indonesia yaitu www.kaskus.us.

Kaskus yang adalah singkatan dari kasak-kusuk ini merupakan forum komunitas online yang diciptakan pada 6 November 1999 oleh tiga orang Indonesia yaitu Andrew Darwis, Ronald Stephanus, dan Budi Dharmawan saat berkuliah di Seattle, Amerika Serikat. “Pertamanya, karena kangen Indonesia pas tinggal di Amerika. Di tahun 1999 gak ada website tentang Indonesia, yang ada kebanyakan website yang isinya berita-berita berat” ujar Andrew. 


Di Kaskus banyak hal yang bisa kita lakukan. Mulai dari berbagi macam-macam informasi atau hobby sampai bergossip ria dan curhat dengan anggota lainnya. Konsep “citizen journalism” atau journalisme warga diterapkan di forum ini. Jadi para anggota bisa berbagi peristiwa yang terjadi di sekitar mereka, seperti gempa atau kericuhan di dekat rumah mereka. “Kita kayak jadi reporter sungguhan, abis itu gue bisa memperluas wawasan dan dapet banyak inspirasi, pokoknya fun banget.” 

Banyak anggota setelah lama menggunakan Kaskus jadi memiliki suatu “ikatan” kuat dengan anggota lainnya.  Sehingga banyak acara-acara yang digelar oleh para anggota nya, seperti Bakti Sosial atau cuma sekedar kopi darat. Para pengguna Kaskus pun juga ada yang berasal dari luar Indonesia seperti Amerika dan Korea. Dengan mengakses Kaskus, mereka dapat melepas rasa rindu dengan informasi-informasi yang hangat di Tanah Air. Tidak hanya demikian, Kaskus pun terkenal dengan Forum jual-beli atau yang biasa disingkat FJB. Disini kita bisa berjualan dan membeli barang secara online, tanpa perlu keluar rumah. Aneka macam barang hadir di sini, mulai dari handphone, baju, mobil, tiket konser bahkan ada yang menjual kapal tanker. Penjualan jasa pun tak luput seperti fotografer, desainer dan rumah tangga. Dengan kehadiran FJB ini, banyak bermunculan wiraswasta-wiraswasta muda di Indonesia.

Bagi kalangan pengguna internet di Indonesia, Kaskus sudah tak asing lagi. Hingga bulan April 2010 Kaskus telah menembus angka 1,5 juta anggota yang terdaftar. Data dari Alexa.com (9/4/2010) mencatat Kaskus berada di peringkat 7 dari 100 situs top di Indonesia dan merupakan situs lokal no.1 di Indonesia jika situs luar dihilangkan. Para selebritis Indonesia juga ga ketinggalan buat “ngaskus”, salah satunya rapper terkenal Indonesia, Saykoji yang juga menyanyikan Kaskus Anthem.


dikaskus banyak sekali dikenal istilah2... 
Berikut sedikit istilah yang sering dipakai saat ngaskus :
Pertamax : kaskuser yang pertama me-reply suatu trit
TKP : sebutan untuk link internet yg ada di kaskus
junk : posting yang gak mutu
Hoax : Artinya Berita Bohong
Maho : Homo alias pecinta sesama jenis tuk laki2
Cendol : tuk ngasih reputasi bagus ke seseorang di Kaskus, kalau yg mau jualan banyakin lampu ijo-nya/cendolnya artinya dia banyak disukai orang. kata lainnya GRP (Good Reputation Point)
Bata Merah : kebalikan dari cendol, salah satu sebab orang kena bata karena ngomong jorok, kasar, SARA, dan segala sesuatu yg tidak mengenakan. Biasanya dibawah avatarnya lampunya bukan ijo tapi merah. Nama lainnya BRP (Bad Reputation Poin)
Sotosop : gambar hasil edit-an photoshop
Repost : wah kayaknya ini dah pada tau, trit yg diulang
Trit : singkatan dari thread
Beibeh17: bb+17,18,19,20,21, artinya gambar khusus dewasa
iso2000: kalo dah punya postingan ampe 2000 + minimal 1 buah cendol, maka bisa ngasih orang reputasi yang berwarna ijo atau merah.. kalo ga berarti masih abu2

DP:Disturbing Picture 
agan (gan) : Panggilan kepada sesama member, asal kata dari "juragan" bhs sunda

RS : roy sukro, plesetan dari Roy Suryo salah satu pakar IT Indonesia
Sob : kebalikan dari bos
Mimin/Momod: artinya admin/Moderator kaskus
Klonengan: artinya copy-an, copycat, turunan, dan kata sejenisnya
FJB : forum jual beli
FJ : Forum Jokes
FM : Forum Musik
PM : private message 
Sedot : kata lain dari Download 
TS : Treadh Starter, alias yang bikin trit
Main tenis : maintenence atau lagi perbaikan...

1 komentar:

  1. asdasd ---> mantra pertamax sukses.... sundul dulu biar jadi HT(hot trit)....

    BalasHapus

Terimakasih sudah membaca artikel ini... silakan tinggal Komentar.... jangan bosan untuk membaca yang lainnya..

Buat Tulisan Terbalik

Created by Elank